Hal yang kamu butuhkan kalo kamu mau buat sinetron

“Ini apaan sih si Mbak Hana! sabar banget jadi orang! jambak aja tuh jambak si Karin! Ugh sebel banget nontonnya!” nah begitu deh komentar Emak gue yang lagi nonton catatan hati seorang istri. Biasa deh namanya juga emak-emak, walaupun sebel banget nontonnya tapi tetep aje sih ditonton-tonton juga.

Ngomong-ngomong kali ini gue sebagai fans garis keras sinetron mau bahas tentang hal apa aje yang lo butuhin kalo lo mau bikin sinetron sendiri. Ya kali aje gitu kan? heheh yuk! gini caranya!

Cerita

Jelas dong kalo lo mau bikin sinetron lo harus punya cerita sendiri. Yah terserah sih, mau niru cerita-cerita luar juga boleh. Hmm nggak ada yang tau ini kan?

Eh, tapi lo harus jadi orang yang kreatif dong. Jangan bikin cerita yang ngikut-ngikut cerita yang udah ada, hmm soalnya udah banyak yang kaya gitu. Ya paling kalo lo niru cerita luar terus ketahuan, lo dituntut karena hak cipta. Tapi nggak usah takut, kalo dituntut gitu kan hak ciptanya bisa dibeli😐 jadi nanti judul sinetronnya bisa ditambahin “versi Indonesia” dibelakangnya. Ya walaupun nantinya sinetron lo jadi nggak tayang beberapa episode gitu gegara dituntut hak cipta.

Buat bikin cerita yang bener-bener baru itu bukan hal yang gampang lho, tapi ya pastinya sebanding lah nantinya sama apresiasi yang lo dapet dari penonton sinetron lo.

Misalnya kaya cerita cinta segitiga, nah itu kan udah banyak banget. Coba deh bikin jalan ceritanya agak sedikit beda biar nggak klise gitu. Misalnya ada cowok A suka sama si cewek A, tapi si cewek A suka sama si cowok B, sedangkan si cowok B suka sama si cowok A. Duh itu pasti complicated banget deh. Dan pastinya bakalan bikin penonton geregetan nontonnya, saking geregetannya sampe pada pengen cepet-cepet matiin tipi gitu gegara nonton sinetron lo.

Terus, jangan buat sinetron-sinetron yang panjang gitu episodenya cuma karena ratingnya bagus. Coba deh buat sinetron yang simple dan nggak ngawur kemana-mana ceritanya.

Misalnya kaya cerita pengorbanan cinta gitu. Nah itu kan udah banyak juga cerita kaya gitu cuma ya gitu deh episodenya kepanjangan. Kita-kita penontonnya juga capek kali nontonnya. Coba deh kamu bikin cerita itu jadi lebih pendek, wah pasti bakal ciamik banget. Kaya cerita yang gini..

“Pada suatu hari ada seorang putri yang ingin memberi Apel ke neneknya, dia pun minta bantuan ke penonton “Apa kamu bisa membantuku menghitung apel? katakan lebih keras!!” eh tunggu deh -_- jangan-jangan ini putrinya Dora lagi, idih najis banget!”

MALESSSSS -_-

MALESSSSS -_-

Oke skip! ganti alur ceritanya.

“Pada suatu hari ada seorang putri yang ingin memberi Apel ke neneknya, dia pun pergi ke rumah neneknya berjalan kaki. Saat di jalan, putri itu terlindas truk gandeng. Tamat.”

Pendek kan? wah saking pendeknya sejam pun nggak ada deh kayanya ntuh sinetron -_-

 

Judul

Judul sinetron pun nggak kalah penting dong. Kalian juga bisa bikin julud sinetron itu kalo bisa sih yang semenarik mungkin. Misalnya kaya Sebut Saja Mbee #beuh #pomositerselubung #tetep #bodoamat

Ya pokoknya bikin gitu deh judul-judul yang agak absurd. Yah biasa deh yang absurd-absurd kan justru malah laris dimari.

Misalnya kaya ‘Mak Ijah Pengen Ke Mekah’ tuh absurd banget kan -_- selain absurd kalo menurut gue sih agak egois gitu sih yang ngasih ini judul sinetron. Gimana nggak egois? emang dia kira yang mau ke mekah cuma Mak Jiah! ew!

 

Peran antagonis

Yup! dimana-mana sinetron itu ditonton karena peran antagonisnya bikin geregetan juga sih. Biasanya sih emang peran ini yang kadang bikin orang males nonton, tapi peran ini juga yang penasaran bikin orang pengin nonton terus.

Tuh kan ja'at cekalihhh :'(

Tuh kan ja’at cekalihhh😥

Biasanya sinetron pun jadi panjang karena peran antagonis, iya itu gegara peran antagonisnya nggak mati-mati. Ya itu tuh kaya Mischa Cinta Firti aje, kalo nggak salah sih dia pernah kecebur jurang, tabrakan, ketusuk bambu runcing, tapi tetep aje nggak mati ==” duh sakti amat ya?

 

Peran protagonis

Nah kalo ini peran yang bakal bikin sinetron kalian makin cetar gitu deh.

Biasanya sih kalo peran protagonis ini kalo di sinetron-sinetron gitu yang suka disiksa.

Hah? padahal kan itu bukan tugas utamanya si protagonis. Tapi entah lah namanya juga sinetron, protagonis selalu disiksa.

Hmm oke deh kalo kalian bingung, gue bakal kasih rekomendasi artis yang cocok buat peran protagonis.

Intan Nuraini

Hmm nggak sih :\

Hmm nggak sih:\

Hmm okay skip!

Revalina S Temat

Duh :( kamu terlalu ketje sih buat disiksa :(

Duh😦 kamu terlalu ketje sih buat disiksa😦

Huft! ganti! ganti!!

Chelsea Olivia

Eh? bukan kok bukan kamu!

Eh? bukan kok bukan kamu!

 

Argh! susah ya ternyata nyari peran protagonis yang tepat? abis mukanya pada bikin nggak tega gitu😦 huft! hmm gimana kalo yang ini?

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

YUK LANGSUNG AJE NIHH!!! TEGA KOK TEGA!!

YUK LANGSUNG AJE NIHH!!! *NGASAH GOLOK*

Bukan cuma dari tampang sih, dari kemampuan akting juga harus biar sinetron kamu makin cetar cetar tar tarrr. Misalnya lo pake aktor yang satu ini..

BTW itu kalo nggak mau mimpi buruk nggak usah ditonton ya😐

 

Rating

Ini mah udah pasti sih, lah kalo nggak karena rating nggak bakal juga kayanya banyak sinetron yang dipertahanin sampe ratusan episode, malah tukang bubur naik haji udah 1200++

Beuh gila ye? itu mah bisa bocah dari dalem kandungan sampe sarjana belom tamat-tamat juga ntuh sinetron ==”

 

 

 Hmm ya mungkin gitu aje sih. Kalo gue sendiri punya sinetron judulnya sih tetep ‘Sebut Saja Mbee’ #promo #tetep #bodoamat

Hahah nah kalo lo sendiri gimana? apa judul sinetron lo nanti?

26 thoughts on “Hal yang kamu butuhkan kalo kamu mau buat sinetron

  1. mbee.. coba aja post-nya elu ini dibaca sama yang bikin sinetron2 di Indo -_-
    heuuw :3 nyindirnya kerasa oey :v

    PINKY SWEAR KITTY SWEAR BANANA STROWBERRY SWEAR

  2. darbirhama berkata:

    “Misalnya ada cowok A suka sama si cewek A, tapi si cewek A suka sama si cowok B, sedangkan si cowok B suka sama si cowok A”
    Yaoi dong mbee -_-

  3. chap chip chup berkata:

    yang paling greget itu pameran utama selfie maju-majuin bibir -_- yang paling horor sintron “dora kelindes truk gandeng mbeee -__-

  4. kalo gue sih pengen mv k.will yang please don’t dijadiin sinetron
    ceritanya kan ada cewek A punya sahabat, namanya cowok B. Si cowok B ini juga sahabatan sama cowok C yang adalah calon suami si cewek A. Cinta segitiga gitu deh, awalnya si cowok B gak rela mereka berdua nikah, dia galau sedih ga jelas gitu.
    pas hari pernikahan si A dan C, si cowok B sedih gitu. Dia megang foto weddingnya A sama C, taunya si B robek deh foto mereka, dan dia satuin foto dia sendiri sama foto si cowok C yg udah di robek.
    si B seneng gitu pas si C pegang pegang tangan dia.
    wakakak bakal keren ya kalo dibikin sinetron xD

  5. Bekiyun. berkata:

    ((NGUQUQ))

    Duh mbee, ntar kalo idul qurban gue bikin sinetron yg perannya lo deh. Jadi kambing asik kan HAHAHAHAHAHAHA ._.

  6. Galaxystyle berkata:

    Mbee gue ngakak pas liat tuh video mana bibirnya di close up sama di jilat jilat dan yang bikin gue tambah ngakak gue ga tau dia ngomong apa dan lu tau gue nonton video itu pas subuh untung ga ada yang bangun.

Komentar disini kak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s